Selasa, 21 Desember 2010

Copy data dan Backup via Network menggunakan nc (netcat)

Pendahuluan

nc (atau netcat) adalah sebuah utiliti yang digunakan untuk berbagai hal yang berkaitan dengan protokol TCP atau UDP. Yang dapat membuka koneksi TCP, mengirimkan paket-paket UDP, listen pada port-port TCP dan UDP, melakukan scanning port, dan sesuai dengan IPV4 dan IPV6. Tidak seperti telnet, script nc memisahkan pesanpesan error ke standar error daripada ke standar output, sedangkan telnet mengirimkan output dan error ke standar output yang sama.

Pada artikel ini penulis akan menjelaskan penggunaan nc berkaitan dengan copy data dan backup melalui jaringan dengan menggunakan utiliti nc (netcat).
Skenario Pada tulisan ini penulis akan mencopy data dan membackup hard disk atau partisi hard disk dari satu mesin ke mesin lainnya. Disini penulis menggunakan 2 buah mesin/komputer dimana yang satu sebagai mesin atau komputer backup (destination) dan yang satu lagi adalah mesin yang akan dibackup salah satu partisi harddisk nya (source).
Untuk itu Anda dapat melihat gambar1 untuk skenarionya.



Gambar1.
Skenario copy data dan backup via network
Penjelasan gambar:
● Mesin dengan hostname Similikiti memiliki nomor IP 192.168.1.1 akan bertindak sebagai komputer yang akan dibackup salah satu partisinya (source). Distro yang digunakan pada mesin Similikiti adalah CentOS release 5.
● Mesin dengan hostname PCBoy
memiliki nomor IP 192.168.1.33 akan bertindak sebagai komputer backup (destination). Distro yang digunakan pada mesin PCBoy
adalah Fedora Core 6.

Persiapan software

Untuk itu cobalah Anda cek terlebih dahulu pada kedua komputer (Similikiti dan PCBoy)
apakah sudah terinstal utiliti nc(netcat). Perintahperintah berikut dapat Anda lakukan guna mengecek keberadaan utiliti nc tersebut:
[root@Similikiti ~]# which nc
/usr/bin/nc
atau
Halaman 2
[root@PC-Boy ~]# rpm -qa|grep -w nc
nc-1.84-10.fc6
Jika belum ada maka saatnyalah Anda menginstal paket/software nc ini. Untuk instalasi dapat Anda manfaatkan utiliti 'yum' yang akan mendownload software dan menginstalkannya kekomputer, berikut ini contoh eksekusi perintah 'yum' untuk instalasi nc yang dapat Anda lihat pada gambar2.


Gambar2.

Instalasi 'nc' dengan yum.
Beberapa utliti yang lain yang akan digunakan dalam kasus ini adalah dd dan bzip2
Copy data via network dengan nc
Bagimanakah caranya untuk menyalin data/file melalui jaringan menggunakan nc ?. Ingat konsep menyalin data (ada sumber dan ada tujuan) .! Dalam skenario yang berfungsi sebagai sumber adalah komputer Similikiti dan PCBoy adalah tujuan (derstination).

Untuk itu Anda dapat mengikuti langkahlangkah berikut ini:
Halaman 3
Perintah nc pada komputer PCBoy:
[root@PC-Boy ~]# nc -l 192.168.1.33 1234 > hasil.txt
Perintah nc pada komputer Similikiti:
[henry@Similikiti ~]$ nc 192.168.1.33 1234 < /etc/passwd
Dari contoh kedua perintah diatas menunjukkan proses penyalinan (copy) file /etc/passwd yang ada pada Similikiti ke komputer PCBoy dan file salinannya ditulis dengan nama hasil.txt. Pada perintah pertama yang dieksekusi di PCBoy(192.168.1.33) menyatakan bahwa nc membuka koneksi TCP pada port 1234 dan dalam kondisi LISTEN (siap merespon) dan mengarahkan output ke file hasil.txt pada current direktori. Sedangkan perintah kedua yang dieksekusi pada komputer Similikiti (192.168.1.1) menyatakan bahwa nc mengirimkan data input dari file /etc/passwd ke komputer PCBoy(192.168.1.33) port 1234 melalui jaringan.
Backup partisi hard disk via network
Kasus kedua adalah penulis bertujuan untuk membackup data yang terdapat pada partisi (/dev/hda6) pada komputer Similikiti ke sebuah partisi hard disk (/dev/hda11) yang terdapat pada PCBoy.
Ukuran kedua partisi pada kedua komputer memiliki ukuran yang sama. Proses backup ini
membutuhkan utiliti dd (untuk duplikasi disk) dan bzip2 (kompresi/dekompresi data). Untuk itu Anda dapat mengikuti langkahlangkah berikut ini:
Perintah nc pada komputer PCBoy:
[root@PC-Boy ~]# nc 192.168.1.33 1234 -l |bzip2 -d | dd of=/dev/hda11
Perintah nc pada komputer Similikiti:
[root@Similikiti ~]# bzip2 -c /dev/hda6 | nc 192.168.1.33 1234
Maksud dari kedua perintah diatas adalah menduplikasi isi partiisi hard disk (/dev/hda6) pada komputer Similikiti ke komputer PCBoy pada partisi disk (/dev/hda11).

Tidak ada komentar: